Dasar - Dasar Lighting Dalam Cinema 4D ~ Lantas Media

Kreativitas Tanpa Batas

Monday 7 November 2016

Dasar - Dasar Lighting Dalam Cinema 4D

Halo gan! Kembali lagi dengan saya penulis tampan nan rupawan!

Kali ini saya akan membahas tentang dasar - dasar lighting dalam cinema 4D.
Apa itu lighting?
Sumber : Google Image

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, lighting adalah tahap penambahan cahaya. Penambahan cahaya dapat berpengaruh pada hasil render. Saya akan menjelaskan secara (kurang lebih) rinci tentang lighting dalam Cinema 4D.

Oke, buka Cinema 4D kalian. Tambahkan object kubus. Seperti yang kita lihat, pencahayaan pada kubus akan mengikuti kamera jika tidak ada objek pencahayaan.
Untuk menambah pencahayaan, klik dan tahan "Light".
Disini ada beberapa yang biasa digunakan. Seperti:
  • Light : Menambah object light biasa.
  • Spot Light : Menambah object cahaya seperti di panggung.
  • Area Light : Menambah object cahaya yang memberikan cahaya disekitar area.
  • Target Light : Sama seperti Spot Light, namun terfokus pada satu object.
  • Infinite Light : Membuat object cahaya yang tidak ada batasnya.
  • Sun Light : Membuat tiruan cahaya matahari.
Untuk IES Light nya, saya kurang mengerti karena menggunakan file khusus.
Oke. Kita mulai dengan menambahkan object Light.
Kalian bisa mengatur posisi light dengan menggesernya melalui Axis X, Y, atau Z. Saya telah mensetting posisi light yang datang. Jadi, saya akan menambah 2 object floor. Yang satunya dibuat dengan rotasi 90 derajat.
Tambahkan texture.
Kemudian klik object light tersebut, ganti shadow menjadi "Shadow Maps" lalu ganti Visible Light menjadi "Visible".
Kita akan mengetest hasil lighting tersebut. Untuk hasil yang optimal, disarankan memakai render setting dari lantas media, yang bisa diperoleh disini. Tutorial cara memasangnya akan dijelaskan disini.
Klik " Render to Picture Viewer", dan lihat hasilnya!
Untuk settingan light yang lainnya, itu hampir sama seperti diatas, namun cara penerapannya agak berbeda. Silahkan kalian coba praktek sendiri. Sekian tutorial dari saya.

Teruslah berkarya, wahai anak muda~!

Rekomendasi Penulis: