Penggunaan Scanner Dalam Pemrograman Java - Bagian 4 ~ Lantas Media

Kreativitas Tanpa Batas

Wednesday 30 November 2016

Penggunaan Scanner Dalam Pemrograman Java - Bagian 4

Halo gan! Ketemu lagi dengan saya penulis tampan nan rupawan!

Di materi yang sebelumnya, saya telah membahas tentang penggunaan operator perhitungan.
Nah, kali ini, saya akan membahas tentang penggunaan scanner.
Source : Google Image
Penggunaan Scanner sangat penting untuk bahasa pemrograman. Scanner akan menyimpan inputan data kita ke variabel, dan memprosesnya. Saya akan membahas dengan cepat dan tepat mengenai Penggunaan Scanner.

Mari kita mulai dengan membuka project baru di NetBeans.
Kemudian salinlah code ini. Saya menambahkan syntax baru diatas public class Main berupa header untuk scanner. Berikut syntaxnya.
Jika kalian melihat lampu yang diberi tanda seru disamping syntax seperti gambar diatas, itu artinya syntax header tersebut belum berfungsi. Untuk membuatnya berfungsi, kita harus menggunakan syntax Scanner dibawah public static void main (String[] args) seperti ini:
Kalian bisa lihat bahwa icon lampu bertanda seru itu telah hilang dari header. Itu artinya, syntax telah digunakan. Mari kita lanjutkan. Salinlah code ini:
Harap diperhatikan bahwa untuk input, gunakan print saja. Sedangkan untuk output, gunakan println. Karena println akan menambah line baru disetiap commandnya. Sedangkan print tidak. Sama seperti fungsi \n pada bahasa C. Jika kalian merubah tipe datanya menjadi double, kalian hanya perlu mengubah Variabel.nextInt(); menjadi Variabel.nextDouble(); begitu juga untuk tipe data yang lainnya.

Inilah hasilnya jika di-run:
Ada banyak yang belum bisa saya jelaskan pada kesempatan ini. Saya harap kalian dapat mengerti syntax - syntax yang belum sempat saya jelaskan.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat!
Teruslah berkarya, wahai anak muda~!