Penjelasan Menggunakan Perintah printf dan puts Pada Dev C++ ~ Lantas Media

Kreativitas Tanpa Batas

Wednesday 9 November 2016

Penjelasan Menggunakan Perintah printf dan puts Pada Dev C++

Halo gan! Ketemu lagi dengan saya penulis tampan nan rupawan!

Kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan perintah printf dan puts. Atau bisa dibilang, cara menambah text di Dev C++.
Ada banyak bahasa pemrograman diluar sana, salah satunya adalah bahasa C. Apakah anda tahu, orang - orang yang menguasai bahasa C sangat dicari di dunia programming. Saya akan menyajikan tutorial - tutorial dasar mengenai bahasa C dengan media Dev-C++. Oke, langsung saja dibuka Dev-C++ nya, lalu klik icon "New", lalu klik "Source File".
Kita harus menentukan platform yang kita gunakan terlebih dahulu. Tambahkan #include<stdio.h> untuk menggunakan platform seperti cmd, lalu tambahkan #include<conio.h> agar dapat menahan console. Perintah ini diikuti oleh getch(); dan juga return 0; pada akhir dari int main().
Oke, di awal dari int main(), kita tambahkan printf("<Masukkan Text Disini>");. Selalu ingat bahwa capslock sangat berpengaruh pada bahasa C. Kita akan mencoba memasukkan text printf("\tLantas Media\n");.
Kenapa pakai \t dan \n?
\t : Memberi jarak 1 tab.
\n : Menaruh garis baru pada perintah printf selanjutnya,
Kemudian untuk command puts. Masukkan seperti ini dibawah printf: puts("\tKreativitas Tanpa Batas!"\n). Bedanya command printf dan puts hampir sama. Jadi, kalian bisa memilih untuk menggunakan printf atau puts.
Kemudian, mari kita coba compile, dan jalankan. Klik icon "Compile & Run" pada bagian atas Dev-C++.
Save Project kalian dengan format .c
Nah, jika kalian gagal pada saat di-compile, itu artinya ada yang salah pada pengetikan source code kalian. Saya dari awal sengaja membuat salah tulisan di gambar ini.
Selalu ingat untuk mengecek lagi code kalian. Pastikan bahwa setelah command, selalu akhiri dengan tanda titik koma (;). Kecuali untuk code tanpa bracket ({}) seperti int main(). Saya sudah mengkoreksi code - code nya.
Klik "Run & Compile", dan beginilah hasilnya!
Mudah kan? Share ke teman - teman, saudara, sepupu, kakek, nenek, serta pacar(kalo punya, dasar jones.) kalian ya!
Sekian tutorial dari saya.

Teruslah berkarya, wahai anak muda~!

Rekomendasi Penulis: