Cara Membuat Air Sederhana di Cinema 4D ~ Lantas Media

Kreativitas Tanpa Batas

Thursday, 3 November 2016

Cara Membuat Air Sederhana di Cinema 4D

Halo gan! Ketemu lagi dengan saya!
Kali ini, saya akan membahas soal membuat air sederhana menggunakan Cinema 4D!

Untuk meningkatkan kualitas render kalian, saya sarankan untuk menggunakan render setting ini.
Untuk yang udah bisa, silahkan buat sendiri.

Pertama, dan yang paling utama, tentunya tidak akan luput dari hal yang pertama.
Buka Cinema 4D kalian, lalu tambahkan object "Floor".
Floor adalah objek yang akan membuat sebuah pijakan (ya... seperti itulah). Yang bersifat tak terbatas. Selanjutnya, tambahkan material baru, un-checklist Specular. Centang Reflection, Bump, dan juga Displacement.

Kemudian klik Bump, lalu klik icon segitiga disamping "Texture". Lalu klik "Noise".
Masuk ke pengaturan texture dengan mengklik "Noise" disebelah icon segitiga, ubah Global Scale menjadi 300%. Lakukan hal yang sama untuk Displacement, namun ubah Height ke 3cm.
Oke, waktunya pengetesan. Apply material yang sudah kita buat tadi ke object Floor. Lalu tambahkan "Physical Sky". Physical Sky adalah object tiruan untuk langit yang kita bisa setting sendiri. Akan dibahas lebih lanjut disini.
Oke, selanjutnya test hasil refleksi. Tambahkan object apa saja diatas floor tersebut. Jangan lupa diberi texture agar enak dilihat. (kalo gak ada texture jadi eneg mas/mb)
Oke, waktunya Rendering! Masukkan render setting kalian (dibahas lebih lanjut disini), lalu klik "Render to Picture Viewer".
Tunggu beberapa menit. Kecepatan proses rendering dipengaruhi oleh processor. Jadi, saya sarankan untuk menggunakan processor minimal setara Intel Core I3 agar rendering lancar. Dan ini dia hasilnya!

Selesai deh! Efek Air Sederhana!!
Sekian tutorial dari saya. Semoga bermanfaat, dan selamat berkarya!

Baca Selanjutnya:
Cara Membuat Air Realistis

You might like:
Cara Menambahkan dan Mengedit Texture di Cinema 4D
Cara Mengubah Gambar Folder
Cara Membuat Model Menggunakan Cinema 4D