Dasar-Dasar Modelling Menggunakan Cinema 4D ~ Lantas Media

Kreativitas Tanpa Batas

Sunday 30 October 2016

Dasar-Dasar Modelling Menggunakan Cinema 4D

Kali ini, saya akan membahas tentang dasar - dasar modelling menggunakan Cinema 4D.
Yak, langsung saja dibuka Cinema 4D nya.

Untuk membuat objek, arahkan kursor ke Create.
Terdapat beberapa pilihan, yaitu:
  1. Object : Membuat Object yang telah tersedia, antara lain:
    - Null : Membuat folder kosong untuk menyatukan object nantinya.
    - Empty Polygon : Fungsinya sama seperti Null, tapi dapat diedit.
    - Guide : Membuat garis bantu.
    - Cone : Membuat kerucut.
    - Cube : Membuat kubus.
    - Cylinder : Membuat Silinder
    - Disc : Membuat Piringan
    - Polygon* : Membuat satu polygon.
    - Sphere : Membuat bulatan.
    - Torus : Membuat bentuk bulat dengan lubang ditengahnya seperti donat.
    - Capsule : Membuat bentuk kapsul
    - Oil Tank : Membuat bentuk seperti tanki minyak.
    - Tube : Membuat bentuk seperti pipa
    - Pyramid : Membuat bentuk piramida
    - Platonic : Membuat bentuk bulat, namun low-poly.
    - Figure : Membuat figur untuk memudahkan dalam menggambar.
    - Landscape : Membuat objek seperti bentuk bumi.
    - Relief : Membuat relief.
    *Polygon = hampir mirip 1 pixel.
  2. Spline : Membuat garis dan bentuk-bentuk 2 Dimensi.
  3. NURBS : Merubah bentuk benda, dan membuatnya lebih smooth.
  4. Deformer : Digunakan untuk merubah bentuk benda, tanpa harus menambah objek lain.
  5. Environment : Menambah objek yang familiar dengan lingkungan sekitar.
  6. Physical Sky : Membuat langit yang mirip dengan aslinya.
  7. Camera : Membuat camera.
  8. Light : Menambah pencahayaan.
  9. Material : Membuat Texture.
  10. Tag : Membuat tag untuk objek. Akan dijelaskan lebih lanjut di bagian Rigging.
Masih banyak lagi fitur Create yang belum saya jelaskan. Namun, kita hanya fokus pada dasarnya. Mari buat sebuah kubus dengan mengklik Create > Objects > Cube.
 
Kalian bisa langsung merubah ukuran kubus tersebut dengan menggeser kubus kecil berwarna kuning atau langsung merubah pada Size nya. Untuk berubah bentuknya sendiri, kalian harus mengklik "Make Editable" atau dengan menekan tombol C pada keyboard.
Dengan begitu, kubus berwarna kuning tersebut akan hilang, dan anda bisa merubah bentuk kubus dengan Scale Tool atau menekan tombol T pada keyboard kalian.
Setelah itu, kalian bisa merubah bentuk kubus tersebut dengan menarik kubus berwarna biru, hijau, atau merah. Mari coba dengan membuat sebuah balok.
  
Berhasil!
Saya rasa cukup sekian untuk pembelajaran dasar-dasar modelling kali ini. Kalian dapat mencoba dengan bentuk yang lain. Semoga bermanfaat!

Baca Selanjutnya:
Dasar-Dasar Modelling Menggunakan Cinema 4D - Sesi 2

Baca juga:
Cara Mengupgrade Processor Laptop
Cara Mengetahui IP yang Kita Pakai Menggunakan Command Prompt
Belajar Pemrograman Java Untuk Pemula Dengan NetBeans