Lantas Media

Kreativitas Tanpa Batas

Thursday 8 December 2016

cara mengubah bahasa sony vegas 13.0 menggunakan regedit.exe

hy kawan-kawan sekarang kita akan belajar menganai regedit.
apaan sih regedit itu...?
pasti kalian bingung. langsung aja kita belajar...!!

step pertama.
pastika sony vegas sudah terinstal.
dan pastikan anda tidak membuka aplikasi itu.
step kedua
klik WIN +R
lalu tulis regedit
cara mengubah bahasa sony vegas 13.0 menggunakan regedit.exe
setelah itu klik OK
lalu kalau udah muncul gambar kaya gini
cara mengubah bahasa sony vegas 13.0 menggunakan regedit.exe
klik HKEY_LOCAL_MACHINE
stelah itu pilih SOFTWARE
lalu klik Sony Creative Software
lalu vegas pro\13\lang\UlangID



lalu tinggal masukan kode bahasa

contoh:409 untuk bahasa inggris.



Cara Memasang Ekstensi Pada Google Chrome Dengan Mudah

Halo gan! Ketemu lagi dengan saya penulis tampan nan rupawan!

Kali ini saya akan membahas tentang cara memasang ekstensi pada google chrome.
Source: Google Image
Apa itu Ekstensi?
Ekstensi adalah semacam program yang dapat di-install di browser. Lebih tepatnya, plugin untuk browser kalian.
Nah, saya akan memberikan tutorial cara menginstallnya. Mudah kok!
Mari kita mulai! ketik chrome://apps pada kolom link di google chrome.
Kemudian, klik "Web Store".
Karena saya akan menginstall Ookla Speed Test, maka tinggal cari seperti ini:
Lalu klik hasilnya.
Klik "Add to Chrome"
Kemudian klik "Add Extension" pada pop-up yang muncul.
Lalu Chrome akan mendownload ekstensi tersebut. Kemudian akan muncul pop-up lagi yang meminta izin untuk menambahkan extensi itu.
Selesai deh! Extensi siap dipakai!

Sekian tutorial dari saya.
Teruslah berkarya, wahai anak muda~!

Tuesday 6 December 2016

Cara Membuat Delay Pada Bahasa C Dengan Baik Dan Benar

Halo gan! Ketemu lagi dengan saya penulis tampan nan rupawan!!

Kali ini saya akan membahas tentang pembuatan delay pada bahasa C.
Delay mungkin tidak selalu berguna dalam bahasa pemrograman. Tapi, jika kalian ingin membuat AI atau semacamnya, mungkin akan berguna. Apa itu AI?
AI adalah singkatan dari Artificial Intelligence. AI digunakan untuk memudahkan user, contohnya SIRI. AI yang ditanamkan pada smartphone buatan Apple yaitu Iphone.

Taukah kalian, bahwa kalian bisa membuat AI sendiri. Ya! Dengan bahasa pemrograman, kalian bisa melakukannya. Saya akan bahas di artikel yang ini.

Anyway, kembali ke pembicaraan, ketik ulang source code berikut.
Untuk membuat delay, kita menggunakan syntax sleep(<waktu dalam detik>);
Ini akan memberikan jeda pada syntax selanjutnya untuk dilaksanakan.

Perhatikan praktek berikut:
Gimana, gampang kan?
Sekian tutorial dari saya.
Semoga bermanfaat!

Teruslah berkarya, wahai anak muda~!
See also:

Monday 5 December 2016

Penjelasan Tentang Record Input Output Data Dalam Bahasa C

Halo gan! Ketemu lagi dengan saya penulis tampan nan rupawan!

Kali ini saya akan kembali membahas tentang Bahasa C. Bahasa pemrograman yang paling basic dan mudah dipelajari!
Penjelasan Tentang Record Input Output Data Dalam Bahasa C
Materi yang akan saya bagikan kali ini tentang penjelasan input output data dalam bahasa c.
Input output data dalam bahasa c sangat diperlukan. Apalagi jika digabung dengan perulangan. Kita bisa membuat billing warnet sederhana hanya dengan ini. Yah, hanya berpotensi saja.
Baik, tanpa membuang waktu, langsung saja ketik ulang source code berikut.
Penjelasan Tentang Record Input Output Data Dalam Bahasa C
Pada dasarnya, source code ini hanya mengandalkan printf dan juga scanf. Tapi kita menggunakan syntax yang tidak biasa, yaitu char. Syntax char sendiri agar berbeda dengan int. Kita harus menambahkan nomor variabelnya. Ingat, jangan buat nomor variabelnya berdampingan. Contoh, char kode[1] dan char nama[2]. Itu akan membuat hasil output menjadi kacau. Berikut gambarnya.
Penjelasan Tentang Record Input Output Data Dalam Bahasa C
Untuk menghindari error tersebut, gunakan nomor yang berjauhan jaraknya. Seperti di gambar kedua tadi. Selanjutnya, kenapa saya menambahkan Db diluar brackets ({})?

Db digunakan untuk meyimpan data yang di-input. Lalu keluarkan dengan mengetik Db.<variabel>.
Untuk scanf, saya menggunakan %s untuk meyimpan data ke syntax char dengan variabel yang terlah ditentukan.

Gimana, gampang kan?
Sekian tutorial dari saya.
Semoga bermanfaat!
Tunggu postingan saya selanjutnya ya~~!

Teruslah berkarya, wahai anak muda~!

Rekomendasi Penulis :

Sunday 4 December 2016

Mengenal Animasi 3D dengan Blender Bagi Pemula


Asalamualaikum Wr.Wb.

    Hya sobat sekalian kali ini saya akan share tentang aplikasi pembuat animasi 3d yaitu blander 
oke langsung saja simak.
Mengenal Animasi 3D dengan Blender Bagi Pemula
Secara default atau saat membuka aplikasi Blender, tampilan awal Blender yang akan muncul adalah seperti berikut.




Klik kiri pada sembarang tempat untuk menampilkan factory settings pada Blender, sehingga akan tampil fitur seperti berikut.



Header      : Menu utama Blender yang terdiri atas File, Add, Render, dan Help.

Viewport   : Tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya.

Toolbar     : Terdiri atas daftar tools yang memilikisifat dinamis menurut objeknya.

Outliner     : Struktur data dari objek pada Blender.

Properties  : Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau             animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.

Timeline    : Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer.

a. Screen Layouts

     Saat membuka Blender, layar akan menampilkan secara default seperti pada gambar di atas. Tampilan tersebut dapat diganti sesuai kebutuhan, misalnya kebutuhan untuk merancang simulasi visual, Anda dapat memilih layout animation yang merupakan tampilan untuk mengerjakan animasi dan lain-lain. Tools ini berada pada pojok kiri atas layar, merupakan bagian dari Main Header yaitu menubar yang ada di bagian atas pada tampilan Blender.



b. Splitting Windows
     Splitting windows atau pembagi tampilan lembar kerja pada software Blender, Splitting windows dalam pembuatan simulasi visual 3D seringkali digunakan. Contohnya dalam pemodelan 3D diperlukan lebih dari 1 windows. Splitting windows adalah membagi menjadi 2 windows dalam tipe yang sama dan dapat dilakukan secara horizontal maupun vertical. Berikut cara melakukan splitting windows.



Arahkan kursor pada sudut windows yang dilingkari merah, maka kursor akan berubah menjadi (+) tanda plus. Kemudian klik tombol kiri mouse, tahan dan geser seperti gambar di atas.
Note : ”Untuk melakukan splitting windows secara vertical, sama seperti splitting windows secara horizontal, namun pada hasil splitting windows secara vertical akan mendapatkan 2 windows atas dan bawah.”
Changing the Editor Type
Ada beberapa jenis “editor” yang secara default tidak ditampilkan oleh Blender, Anda dapat mengganti dengan jenis “editor” lain. Sesuai dengan kebutuhan Anda.





c. Shortcut of Numpad     Bagi para pengguna laptop disarankan untuk mengaktifkan Emulate Numpad, karena berguna untuk menggantikan tombol Numpad, sehingga bisa menggunakan perintah Numpad dengan menekan tombol angka pada keyboard bagian atas. Untuk mengaktifkan Emulate Numpad, bisa langsung menuju File -> User Preferences kemudian ikuti langkah seperti pada gambar di bawah ini.

Berikut ini adalah fungsi angka-angka pada numpad sebagai shortcut :


[1] Tampak Depan
[3] Tampak Kanan
[7] Tampak Atas
[2] Putar bawah 15 derajat
[8] Putar atas 15 derajat
[4] Putar Kiri “15derajat”
[6] Putar Kanan “15derajat”
[5] Orthographic atau Perspektif
[0] Camera Perspektif
[CTRL][2] Menggeser View Objek Ke atas
[CTRL][8] Menggeser View Objek Kebawah
[CTRL][4] Menggeser Objek Kesamping Kanan
[CTRL][6] Menggeser objek kesamping kiri

d. Snap 3D Cursor
     Pada dasarnya 3D Cursor digunakan untuk menentukan letak objek, sedangkan Snap merupakan sebuah alat bantu dalam menemukan titik acuan. Cara melakukan snap 3D cursor adalah dengan menekan SHIFT +S.


Selain itu, Snap juga bisa digunakan saat mentransformasi objek dengan cara menekan CTRL sambil merubah objek, sehingga objek akan bertranformasi dengan skala tertentu.

e. Adding Object
     Adding Object merupakan sebuah menu untuk menambahkan objek pada bidang 3D. Lakukan dengan cara menekan SHIFT +A atau pilih menu Add pada Header menu.


Dalam menambah objek pada Blender akan menemukan dua jenis mode, yaitu
Object Mode dan Edit Mode.
Kedua mode tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Edit Mode digunakan untuk melakukan pengeditan pada objek dengan memilih titik tertentu, sedangkan Object Mode digunakan untuk pengeditan objek secara keseluruhan. Untuk memilih modus Object Mode atau Edit mode, dapat menekan tombol Tab pada keyboard. Tampilan kedua Mode tersebut seperti pada gambar di bawah ini.


f. Transformation
     Transformation adalah upaya untuk menggeser atau memutar atau mengubah ukuran objek.
Dasar transformasi dalam Blender, meliputi:

Grab / Move : menggeser objek dengan menekan tombol [G]
Rotation        : memutar objek dengan menekan tombol [R]
Scale             : menskala (memperbesar atau memperkecil) objek dengan menekan tombol [S]

Untuk mentransformasikan objek berdasarkan sumbu ( x, y, z ), Anda dapat menggunakan shortcut keyboard,
Grab / Move [G]

[G]+[X]               : objek akan bergeser pada sumbu X.
[G]+[Y]               : objek akan bergeser pada sumbu Y.
[G]+[Z]               : objek akan bergeser pada sumbu Z.
[G]+[Shift ]+[X] : objek akan bergeser pada sumbu Y dan Z karena sumbu X telah dikunci agar tidak berubah.

Demikian Pengenal Fungsi Tool-Tool yang ada di Blender.
Semoga bermanfaat.

Wasalamualaikum WrWb


cara merakit komputer



Asalamualaikum WrWb

    Oke sobat sekalian kali ini saya akan share vidio tentang bagaimana cara merakit sebuah komputer dari awal sampek jadi,simak ya gannn....